Meningkatkan Pemahaman Matematika dengan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Digital dan Lokal
DOI:
https://doi.org/10.24114/jfi.v6i2.67986Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak pembelajaran kontekstual berbasis media digital dan berkearifan lokal terhadap pemahaman matematika siswa kelas V SD pada materi keliling bangun datar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design) tipe one-group pretest–posttest tanpa kelompok kontrol, di mana 20 siswa kelas V SDN 067098 Medan menjadi subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui tes tertulis sebelum dan sesudah perlakuan serta observasi selama proses pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest sebesar 45,00 meningkat menjadi 77,00 pada posttest. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa secara signifikan setelah mengikuti pembelajaran. Secara teoretis, hasil ini menegaskan bahwa pendekatan kontekstual yang mengintegrasikan nilai budaya lokal dan teknologi digital dapat meningkatkan pemaknaan konsep matematika melalui keterhubungan antara pengalaman nyata dan materi ajar. Namun, karena penelitian ini tidak melibatkan kelompok kontrol, generalisasi hasil masih terbatas; diperlukan penelitian lanjutan dengan desain eksperimental yang lebih kuat untuk memperkuat bukti kausalitas dari pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis digital terhadap pemahaman konsep matematika.Downloads
Published
2025-10-29
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
