Analisis Kebutuhan Pengembangan Instrumen Tes Literasi Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Labuhanbatu
DOI:
https://doi.org/10.24114/jfi.v6i2.68570Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan pengembangan instrumen tes literasi matematika model Programme for International Student Assessment (PISA) berbasis konteks lokal Labuhanbatu. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilakukan melalui studi pustaka dan studi lapangan dengan observasi serta wawancara terhadap siswa kelas VIII-A dan tiga guru matematika di SMP Negeri 1 Bilah Barat. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi matematika siswa masih rendah, terutama dalam memahami dan menyelesaikan soal kontekstual. Guru belum familiar dengan konsep literasi matematika model PISA dan masih menggunakan soal prosedural dari buku teks, sementara fasilitas pendukung pembelajaran kontekstual masih terbatas. Studi pustaka menegaskan pentingnya pengembangan instrumen berbasis konteks lokal karena dapat meningkatkan motivasi, pemahaman, dan kemampuan berpikir kritis siswa. Potensi lokal Labuhanbatu seperti sektor pertanian, perikanan, dan budaya daerah memiliki nilai edukatif tinggi untuk dijadikan konteks soal. Oleh karena itu, pengembangan instrumen literasi matematika berbasis konteks lokal Labuhanbatu menjadi langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan literasi matematis siswa.Downloads
Published
2025-10-29
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
