Meningkatkan Hasil Belajar Kesebangunan melalui Pembelajaran Berbasis Masalah: Refleksi Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 15 Palu
DOI:
https://doi.org/10.24114/jfi.v6i2.69059Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik pada materi kesebangunan melalui penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis model Kemmis & McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 15 Palu semester genap tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan berupa tes esai untuk mengukur pemahaman konsep dan kemampuan berpikir matematis, serta lembar observasi untuk menilai aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL mampu meningkatkan pemahaman konsep kesebangunan, partisipasi aktif, dan kemampuan berpikir kritis siswa. Siswa menjadi lebih mandiri, terlibat dalam diskusi kelompok, serta mampu mengaitkan konsep matematika dengan situasi nyata. Temuan ini membuktikan bahwa PBL dengan dukungan LKPD kontekstual, pengelompokan kecil, dan media visual efektif menciptakan suasana belajar yang kolaboratif, partisipatif, dan bermakna, sehingga layak diterapkan sebagai strategi pembelajaran rutin di SMP. Namun, penelitian ini masih terbatas pada satu kelas dengan waktu pelaksanaan yang relatif singkat, sehingga generalisasi hasil perlu diuji melalui penelitian lanjutan pada konteks dan jenjang yang lebih beragamDownloads
Published
2025-10-29
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
