Model Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Teori Vygotsky terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Luas dan Keliling Siswa Sekolah Dasar Kelas IV

Authors

  • Jose Andreas Gandi Sinaga Universitas Quality Berastagi
  • Novi Tari Simbolon Universitas Quality Berastagi

DOI:

https://doi.org/10.24114/jfi.v6i2.69813

Abstract

 Penelitian ini mengkaji kemampuan pemahaman matematika siswa kelas empat SD Negeri 060910 Medan terkait luas dan keliling persegi dan persegi panjang. Penelitian ini menggunakan metodologi kuasieksperimental kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 37 siswa kelas empat SD Negeri 060910 Medan. Tes dan lembar observasi digunakan sebagai instrumen penelitian. Para ahli telah memvalidasi tes tersebut sebelum digunakan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV SD Negeri 060910 Medan lebih mampu memahami konsep keliling dan luas persegi dan persegi panjang ketika model Pembelajaran Berbasis Proyek digunakan di kelas. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,00 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,5 dengan thitung > t tabel, yaitu 10,977 > 2,028. Hasil posttest juga menunjukkan hal ini; kelas yang menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek memperoleh skor rata-rata 70,86, dengan tiga orang (8%), lima belas orang (41%), dan sembilan belas orang (51%), masingmasing masuk dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah pada uji N-Gain. Ini berarti pemahaman konsep matematika siswa meningkat sebesar 100%.

Published

2025-10-29