PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS FENOMENA TERINTEGRASI ETNOSAINS TERHADAP LITERASI SAINS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis fenomena terintegrasi etnosains terhdapat literasi sains, diketahui adanya pengaruh pembelajaran berbasis fenomena terintegrasi etnosains terhadap literasi sains siswa SMP Negeri 2 Sunggal pada materi suhu, kalor dan pemuaian di kelas VII SMP Negeri 2 Sunggal T.P. 2023/2024. Desain yang digunakan yaitu desain quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu instrument tes yang berisikan soal literasi sain sebanyak 30 soal pilihan ganda. Adanya peningkatan kemampuan literasi sains setelah menerapkan pembelajaran berbasis fenomena terintegrasi etnosains pada kelas eksperimen dimana nilai literasi sains dalam kategori tinggi.
Full Text:
PDFReferences
Amala, I. A., Sutarto, S., Putra, P. D. A., & Indrawati, I. (2023).Analysis of Scientific Literacy Ability Junior High School Students in Science Learning on Environmental Pollution. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(3), 1001–1005. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.1816
Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Skatistik Pendidikan (Teori dan Praktik dalam Pendidikan) (M. S. Syarbaini Saleh, S.Sos (ed.); 1st ed.). CV.Widya Puspita.
Arista, K. D., Suma, K., dan Suastra, I. W. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Fenomena Berbantuan e-learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 12(1), 123–133.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Atmojo, S. E., Kurniawati, W., & Muhtarom, T. (2019). Science Learning Integrated Ethnoscience to Increase Scientific Literacy and Scientific Character. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1):1-6.
Budiarso, A. S., & Rohmatillah, S. (2020). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menjelaskan Fenomena IPA di Sekitar Lingkungan. Webinar Pendidikan Fisika 2020, 5(1), 27–32.
Budiyono, A. (2020). Analisis Korelasi Kemampuan Memahami dengan Kemampuan Berargumentasi Siswa melalui Model Pembelajaran Argument Based Science Inquiry. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 36– 50. https://doi.org/10.21580/phen.2020.10.1.4539
Hasanah, F., Putra, P. D. A., & Rusdianto. (2022).Identifikasi Kemampuan Siswa SMP dalam Berargumentasi melalui Pendekatan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(1), 1–9. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i1.974
Haug, B. S., & Mork, S. M. (2021). Taking 21st century skills from vision to classroom: What teachers highlight as supportive professional development in the light of new demands from educational reforms. Teaching and Teacher Education, 8(1), 100-105 .https://doi.org/10.1016/j.tate.
Hilala, R., Laliyo, L. A. R., Kilo, J. La, Tangio, J. S.,Mohamad, E., & Sihaloho, M. (2023). Measuring Students’ Scientific Argumentation Skills in Explaining Phenomena Related to Acid-Base Concepts.Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(2),360–378.https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i2.27822
Ichsan, I. Z., Hasanah, R., Ristanto, R. H., Rusdi, R.,Cahapay, M. B., Widiyawati, Y., & Rahman, M. M. (2020). Designing an Innovative Assessment of HOTS in the Science Learning for the 21st Century. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 6(2), 211. https://doi.org/10.30870/jppi.v6i2.4765
Article Metrics
Abstract view : 25 timesPDF - 20 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.