Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Indonesia Kelas VII SMP Swasta Rk Serdang Murni Lubuk Pakam T.P 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati Indonesia kelas VII di SMP Swasta Rk Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Pengajaran 2023/2024; (2) Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati Indonesia kelas VII di SMP Swasta Rk Serdang Murni Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain Pretest dan Posttest Control Group Design . Penentuan sampel ini dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel menggunakan 2 kelas yaitu kelas VII-2 (Kelas eksperimen) dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan VII-3 (kelas kontrol) tanpa model pembelajaran inkuiri terbimbing. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Data rata-rata pretest dan posttest hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 48,88 dan 83,33 dan kelas kontrol adalah 36,48 dan 73,88. Data dianalisis dengan menguji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test menggunakan SPSS versi 24,0. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati Indonesia kelas VII SMP Swasta Rk Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2023/2024. Pada kelas eksperimen hasil n-gain sebesar 0,70 dengan kategori tinggi dan 0,60 kategori sedang hasil n-gain pada kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati Indonesia kelas VII SMP Swasta Rk Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2023/2024.Pe
Full Text:
PDFReferences
Amarta, N.H & Jumadi. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217-233.
Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193-203.
Iswatun., M.Mosik., & Bambang Subali. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan KPS dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2) : 150-160.
Maipah. (2022). Proses Belajar IPA di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Yang Efektif Untuk Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2 (5), 414-425.
Marjohan, M.,Aulia, D. D., Maulidi, R. P., & Nulhakim, L. (2022). Penerapan Kurikulum Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 10776-10780.
Mudrikah, S., Ahyar, D. B., Lisdayanti, S., Parera, M. M. A. E., Ndorang, T. A., Wardani, K. D. K. A., ... & Widyaningrum, R. (2022). Inovasi pembelajaran di abad 21. Pradina Pustaka.
Putri, F. A., Mahanal, S., & Mustikasari, V. R. (2021). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar ipa siswa kelas VIII SMP/MTs. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(2), 157-162.
Prasojo, P., Tjipto Prastowo., & Muslimin Ibrahim. 2020. SETS Based Science Teaching Materials with Guided Inquiry Learning Model to Improve Learning Outcomes in Optical Geometry Materials. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6) : 10-18.
Saharuddin & Wahab, M. 2019. Analisis Kesulitan Dalam Pembelajaran IPA Di SMP Negeri Limboro, Jurnal IPA Terpadu. 2(2). 75-83.
Septiari, N. K. D., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2018). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 45-56.
Silitonga, P.M. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Medan: In FMIPA Universitas Negeri Medan
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sarumaha, M., & Harefa, D. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa. NDRUMI: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora, 5(1), 27-36.
Yasmini, N. M. (2022). Metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V. Journal of Education Action Research, 6(1), 73-79.
Article Metrics
Abstract view : 15 timesPDF - 16 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.