PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOLOGI SMP N 1 PANTAI LABU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Etnosains terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Ekologi SMP N 1 Pantai Labu. Jenis penelitian ini pre exsperimental design (nondesigns) dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pantai Labu. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari satu kelas, yaitu kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen, kelas terdiri dari 32 siswa. Instrumen penelitian adalah tes pilihan ganda dengan empat pilihan untuk mengukur literasi sains. Analisis data uji paired sample t test dan uji normalisasi-gain (N-gain). Berdasarkan hasil uji paired sample t-test, ditemukan bahwa terdapat pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Etnosains terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Ekologi SMP N 1 Pantai Labu. Persentase peningkatan N-gain pada literasi sains di kelas eksperimen sebesar (0,70) 70% menunjukkan bahwa peningkatan masuk ke dalam kategori tinggi.
Full Text:
PDFReferences
Aiman, U., & Ahmad, Ri. A. R. (2020). Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 1–5.
Alatas, F., & Fauziah, L. (2020). Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada konsep pemanasan global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2), 102. https://doi.org/10.31331/jipva.v4i2.862
Amini, J. N., Irwandi, D., & Bahriah, E. S. (2021). the Effectiveness of Problem Based Learning Model Based on Ethnoscience on Student’S Critical Thinking Skills. JCER (Journal of Chemistry Education Research), 5(2), 77–87. https://doi.org/10.26740/jcer.v5n2.p77-87
Andayani, Y., Purwoko, A. A., & Hakim, A. (2021). Peningkatan Pemahaman Guru Tentang Etnosain dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 196–200.
Astuti, R., Sujana, A., & Hanifah, N. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Materi Hubungan Makanan dengan Kesehatan. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 261–270.
Hafizah, E., & Nurhaliza, S. (2021). Implementasi Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 1. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.9497
Hamidah, R. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA MATERI EKOLOG. Jurnal IPA Terpadu, 7(2). http://journal.walisongo.ac.id/index.php/bioeduca
Hendracita, N. (2021). Buku Ajar Model Model Pembelajaran Sd.
Hidayanti, I., & Wulandari, F. (2023). The Effect of Problem-Based Learning Based Ethnoscience on Science Literacy Ability of Elementary School. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(3), 967–982. https://doi.org/10.51276/edu.v4i3.475
Ikstanti, V. M., & Yulianti, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap. Journal of Classroom Action Research, 5(2). http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index___________
Ilhami, A., Syahvira, R., Maisarah, U., & Diniya, D. (2020). Kajian Etnosains Tradisi Maauwo Di Danau Bakuok Sebagai Sumber Pembelajaran Biologi. BIOEDUCA : Journal of Biology Education, 2(2), 13. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v2i2.6326
Inabuy, V., Sutia, C., Maryana, O. F. T., Hardanie, B. D., & Lestari, S. H. (2021). ILMU PENGETAHUAN ALAM.
Indrawan, D. R., Uswatun, D. A., Lyesmaya, D., Herdiana, H., & Ilhami, B. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas 3 Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 558. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8876
Izzania, R. D. S. M. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning pada Materi Siaga Bencana terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD Negeri Kota Bengkulu. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(3), 381–390.
Junita, I. W., & Yuliani, Y. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Etnosains untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains pada Materi Transpor Membran. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 356–367. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p356-367
Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains. In Lekkas (Issue Oktober).
Kriswati, dhevi puji, Suryanti, & Supardi, zainul arifin imam. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Etnosains Untuk Melatih Literasi Sains Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 8(3), 372–378.
Kurniasih, E., Arief, zainal A., & Wibowo, S. (2022). Model Pembelajaran Efektif Di Era New Normal.
Mukti, H., Suastra, I. W., Bagus, I., & Aryana, P. (2022). Integrasi Etnosains dalam pembelajaran IPA. 7(2), 356–362.
Nasution, A., Chikmawati, T., Walujo, E. B., & Zuhud, E. A. (2018). Nasution et al. 64 VOLUME. 5(April), 64–74. http://ejurnal.bppt.go.id/index.php/JBBI
Nisa’, A., Sudarmin, & Samini. (2015). Efektivitas Penggunaan Modul Terintegrasi Etnosains Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(3), 1049–1056. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.
Pertiwi, U. D., & Firdausi, U. Y. R. (2019). Upaya Meningkatkan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Etnosains. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 02(01), 120–124.
Rahayu, W. E., & Sudarmin. (2015). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7943
Rahmawati, S., Ardi Rafsanjani, T., & Aufia Abshor, D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd. Jurnal Analisis Ilmu Pendidikan Dasar, 1–10.
Ramandanti, S. K., & Supardi, K. I. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi Etnosains Terhadap Pemahaman Konsep Materi Redoks Siswa Ma Negeri Blora. Chemistry in Education, 9(1), 16–22. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined
sahir, S. H. (2022). METODOLOGI PENELITIAN.
Sanova, A., Afrida, A., Bakar, A., & Yuniarccih, H. (2021). Pendekatan Etnosains Melalui Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Kimia Materi Larutan Penyangga. Jurnal Zarah, 9(2), 105–110. https://doi.org/10.31629/zarah.v9i2.3814
Sari, W. D. P., Suriani, C., Nasution, A., & Sitompul, E. V. (2023). Ethnoscience Studies of the Angkola Batak Culinary in South Tapanuli Regency As an Effort To Preserve Local Cultural Values. ISER (Indonesian Science Education Research), 5(2), 6–14. https://doi.org/10.24114/iser.v5i2.55408
Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736–9744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4161
Sofyan, H., Wagiran, Komariah, K., & Triwiyono, E. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013.
Sohilait, E. (2021). Buku Ajar: Evaluasi Pembelajaran Matematika. PT RajaGrafindo Persada, Depok. https://books.google.co.id/books?id=xHdbEAAAQBAJ
Sudarmin. (2014). Pendidikan karakter, etnosains dan kearifan lokal. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahun Alam, UNNES, 1–139. http://lib.unnes.ac.id/27040/1/cover_PENDIDIKAN_KARAKTER_SUDARMIN.pdf
Sukarelawa, I. (2024). N-Gain vs Stacking.
Sumarni, W. (2018). ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN KIMIA: PRINSIP, PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASINYA.
Supriwardi, L., Zulyusri, Z., & Lufri, L. (2021). Meta-Analisis : Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(2), 120–128. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v7i2.11518
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683.
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Peoblem Based Learning (PBL). Buku, 1–92.
Syofyan, H. (2019). Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Calon Guru Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 35–43. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i2.13203
Takda, A., Arifin, K., & Tahang, L. (2023). Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Berdasarkan Nature Of Science Literacy Test ( NoSLiT ) Profile of High School Students ’ Scientific Literacy Ability Based on the Nature of Science Literacy Test ( NoSLiT ). Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(1), 19–27.
Tan, O.-S. (n.d.). Learning Using Problems to Power.
Werdiningsih, D. (2021). LITERASI SAINS DAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA.
Wulandari, F., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Sidoarjo, U. M., Program, D., Pendidikan, S., Sekolah, G., & Sidoarjo, U. M. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbasis Etnosains Terhadap Kemampuan Literasi Sains Sekolah Dasar [ The Effect of Problem Based Learning ( PBL ) based Ethnoscience towards science literacy ability of Elementry School ]. 1–10.
Yadnyawati, I. A. G. (2019). Evaluasi Pembelajaran.
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL): EFEKNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(3), 399–408. https://doi.org/10.11606/issn.2176-7262.v47i3p301-307
Article Metrics
Abstract view : 15 timesPDF - 18 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.