PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS SIKLUS BELAJAR 5E SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI KINGDOM PROTISTA

Yossie Ulfa Nuzalifa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dari Handout Berbasis Siklus Belajar 5E sebagai bahan ajar materi kingdom protista. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi sampai dengan tahap Development (Pengembangan), sehingga pada penelitian ini model ADDIE dimulai dari tahap analisis, desain dan pengembangan. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa handout berbasis siklus belajar 5E yang dikembangkan telah memenuhi uji kevalidan dengan skor rerata total aspek keseluruhan yaitu 89,84% termasuk pada kategori sangat valid. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa handout berbasis siklus 5E sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pada materi kingdom protista.


Full Text:

PDF

References


Adisenjaja, Y.H. 2009. Analisis Buku Ajar Biologi SMA Kelas X di Kota Bandung Berdasarkan Literasi Sains. Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Akbar. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Berg, L. R. 2015. Ecology: Concepts and Applications. Cengage Learning.

Bybee, R. W. 2009. The BSCS 5E Instructional Model: Origins, Effectiveness, and Applications. BSCS.

Cahyadi, R. A. H. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-43. doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Dahar, R.W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Hidayat, R., Lufri., Handayani, D., & Darussyamsu, R. 2019. The Validity of Learning Media E-Learning Based on Edmodo on Kingdom Protist Material Class X SMA/MA. Atrium Pendidikan Biologi, 4(1), 106-114.

Ningtyas, R., Yunianta, T N H., & Wahyudi. 2014. Pengembangan Handout Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas III. Scholaria, (4)3, 42-53.

Nuzalifa, Y. U. & Putri, S.A. 2021. Efektivtas Handout Kingdom Protista Berbasis Siklus Belajar 5E pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 4(1), 137-144.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran Yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Prastowo. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: DIVA Press.

Pribadi. 2016. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group.Sandika, R., Nerika, S., & Susanti, D. 2014. Pengembangan Handout Bergambar Dilengkapi Peta Konsep pada Materi Kingdom Protista Untuk Siswa SMA. Pendidikan Biologi, 1(1).

Sistyarini, D I & Nurtjahyani, S D. 2017. Analisis Validitas terhadap Pengembangan Handout Berbasis Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTS. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 581-584.

Utomo, E. N. P. 2018. Pengembangan Modul Berbasis Inquiry Lesson untuk Meningkatkan Literasi Sains Dimensi Proses dan Hasil Belajar Kompetensi Keterampilan pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI. BIOSFER Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 9(1), 45-60.


Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.