PENGARUH KONSELING INDIVIDUAL TEKNIK SELF CONTROL TERHADAP GAYA HIDUP KONSUMTIF PADA SISWA KELAS XI SMA HARAPAN 1 MEDAN T.A 2017/2018

Tri Wulandari, Zuraida Lubis

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling individual teknik self control terhadap gaya hidup konsumtif pada siswa kelas XI SMA Harapan 1 Medan TA 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan desain one group pre-test dan post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 4 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah skala untuk mengetahui gaya hidup konsumtif siswa. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling individual teknik self control. Teknik analisis data yang diperoleh menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung = 3 dengan a = 0,05 dan n = 4, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 0. Dengan demikian Jhitung > Jtabel ( 3 > 0 ). Data Pre-test diperoleh rata – rata 156 termasuk kategori tinggi sedangkan data post-test atau setelah pemberian layanan konseling individual teknik self control diperoleh skor rata-rata 97 termasuk kategori rendah. Artinya rata – rata siswa setelah mendapat layanan konseling individual dengan teknik self control lebih rendah daripada sebelum mendapat layanan konseling individual dengan teknik self control. Perubahan penurunan interval gaya hidup konsumtif siswa setelah diberi layanan konseling individual dengan teknik self control sebesar 37,82%. Hal ini menunjukan ada pengaruh pemberian konseling individual dengan teknik self control terhadap gaya hidup konsumtif siswa kelas XI SMA Harapan 1 Medan T.A 2017/2018 atau hipotesis diterima.

Kata kunci: Konseling Individual; Teknik Self Control; Gaya Hidup Konsumtif


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v12i1.12185

Article Metrics

Abstract view : 483 times
PDF - 2105 times

Copyright (c) 2018 Tri Wulandari, Zuraida Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.