DUKUNGAN SOSIAL DAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL DENGAN RESILIENSI PADA KARYAWAN YANG TERKENA PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA AKIBAT PANDEMI COVID-19

Ria Indi Setia Nugrahini, Andik Matulessy, Rr. Amanda Pasca Rini

Abstract


Pandemi Penyakit Coronavirus (Covid-19) merupakan krisis kesehatan dunia yang belum pernah terjadi di era modern ini yang berdampak signifikan terhadap dunia kerja, termasuk di Indonesia. Merujuk Kementerian Tenaga Kerja, 2.084.593 pekerja di-PHK dan diberhentikan kerja akibat pandemi Covid-19 pada April 2020. Pemutusan Hubungan Kerja berdampak pada pekerja yang ada di Indonesia. Keadaan yang seperti ini diharapkan untuk setiap individu harus memiliki kemampuan untuk menghadapi perubahan kondisi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan resiliensi antara dukungan sosial dan internal locus of control pada karyawan yang terkena pemutusan hubungan kera karena pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dan memanfaatkan 78 responden yang mengalami PHK akibat pandemi Covid-19. Teknik pengambilan sampel menggunakan isidental sampling, dimana pengambilan sampel berdasarkan kebetulan. Metode pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial, skala internal locus of control dan skala resiliensi. Berdasarkan analisis regresi diperoleh nilai korelasi F regresi = 37,813; p = 0,000 (p < 0,05). Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dan internal locus of control dengan resiliensi pada karyawan yang terkena PHK akibat Covid-19

Keywords


Dukungan Sosial, Internal Locus Of Control, Resiliensi

Full Text:

PDF

References


Agustina, L & Adhitya W. Dukungan Sosial Dan Motivasi Belajar Siswa Sma Masehi 2 Psak Semarang. Universitas Aki Semarang.

Aini, A.N. 2017. Hubungan Resiliensi Terhadap Job Insecurity Pada Karyawan Kontrak. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Aisyah, S. 2016. Pengaruh Kebijakan Pemutusan Hubungan Kerja Terjadap Motivasi Kerja Dan Displin Kerja Pada Karyawan Tambang Batu Bara Pt. Ryan Eka Pratama Samboja. Psikoborneo. Vol.4 : 838-848.

Akbar, Z. & Oliver T. 2018. Dukungan Sosial Dan Resiliensi Diri Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi. Vol.7, Nomor 1.

Choiril, A.M. Hubungan Antara Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Pada Mahasiswa Bidikmisi Dengan Mediasi Efikasi Diri. Universitas Muhammadiyah Malang.

Cicilia, W.O. 2018. Perbedaan Tingkat Resiliensi Akademik Ditinjau Dari Locus Of Control Pada Mahasiswa Akhir. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003). Development of a new resilience scale: the connor-davidson resilience scale (CD-RISC). Article in Depression and Anxiety. 18, 76-82. DOI: 10.102/da. 10113.

Dharma, B.W. 2019. Pengaruh Efikasi Diri Akademik, Resiliensi, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasantri Uin Walisongo Semarang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Dwi, B.P & Suharman. 2014. Hubungan Antara Konsep Diri Dan Internal Locus Of Control Dengan Kematangan Karir Siswa Sma. Persona. Jurnal Psikologi Indonesia.

Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Pergoda

Hara, S & Akhmad B. 2017. Pengaruh Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Terhadap Optimisme Karyawan Kontrak Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. TAZKIYA. Journal of Psychology. Vol. 22, No.2.

Hastuti, W & M. Farid. 2015. Motivasi Kerja, Internal Locus Of Control Dan Kepuasan Kerja Pada Karyawan Bagian Marketing Dan Supporting Di Pt X Cabang Surabaya. Persona. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol.4, No.02, Hal 195-207.

Husna, A. 2019. Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Resiliensi Penderita Tb Paru Di Puskesmas Perak Timur Surabaya. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya.

Indah, A.M & Nurhalimah. Agresifitas Ditinjau Dari Locus Of Control Internal Pada Siswa Smk Negeri 1 Bekasi Dan Siswa Di Smk Patriot 1 Bekasi.

Khafidh, M.F. Hubungan Antara Internal Locus Of Control Dan Dukungan Sosial Dengan Stress Kerja Pada Instansi Pemerintahan Kabupaten Banjar. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Neuman, W. L. (2003). Social Research Methods, Qualitative And Quantitative Approaches. Fifth Edition. Boston: Pearson Education.

Noer, T.A. 2017. The Influence Of Locus Of Control Against Resilience On Adolescent Victims Of Divorce. Asean Conference On Psychology, Counseling & Humanities. University Of Muhammadiyah Malang.

Oktaviana, A. 2013. Hubungan Locus Of Control Dan Dukungan Sosial Dengan Resiliensi Pada Remaja Penyandang Tuna Rungu. Universitas Mulawarman.

Pradana, D. 2013. Pengaruh Efikasi Diri Dan Resiliensi Diri Terhadap Sikap Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Di Smk Muda Patria Kalasan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Prestiana, A. 2017. Hubungan antara Locus Of Control Internal dengan kecemasan dalam menghadapi masa pra pension pada karyawan PT. Prodia Widyahusada, Tbk. Wil. VI. Skripsi. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Ridwan, A. 2016. Locus Of Control Dan Resiliensi Pada Pekerja Yang Mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Ridwan. 2013. Peranan Etika Kerja Islam Terhadap Hubungan Locus Of Control Dengan Kinerja Karyawan. Universitas Tadulako. Jurnal Trikonomika. Vol.12, No.1.

Rizki, M.A & IGAA N. 2016. Dukungan Sosial, Efikasi Diri Dan Resiliensi Pada Karyawan Yang Terkena Pemutusan Hubungan Kerja. Persona. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol.5, No.01, Hal 62-70.

Saraswati, W. 2012. Gambaran Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Klien Tuberkulosis Paru Yang Berobat Di Poli Paru Puskesmas Kecamatan Jagakarsa. Skripsi.

Shakespeare-Finch, J., & Obst, P. L. 2011. The development of the 2-way social support scale: A measure of giving and receiving emotional and instrumental support. Journal of Personality Assessment, 93 (5), 483–490.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Kombinasi Mixed Metods. Cetakan Ke Empat, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Kombinasi Mixed Metods. Cetakan Ke Empat, Bandung: Alfabeta.

Triatimi, T.H. 2014. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Resiliensi Pada Remaja Di Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah Surakarta. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Verawati Silalahi. 2009. Hubungan Locus of Control dengan Perilaku Kesehatan Pada Masyarakat Perdesaan. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Sumatra Utara.

Wahyuni, I. 2018. Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Resiliensi Diri Pada Guru Sekolah Dasar Swasta Di Jakarta Timur. Skripsi. Universitas Negeri Jakarta.

Widyastuti, N. & Arini W. Hubungan Antara Locus Of Control Internal Dengan Kematangan Karir Pada Siswa SMK N 1 Bantul. Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Humanitas. Vol.12, No.2.

www.CNBCindonesia.com 2020. Tidak hanya di Indonesia, PHK Massal Terjadi di Seluruh Dunia.

www.liputan6.com. 2020. Menaker: 2 Juta Pekerja Kena PHK Akibat Corona.

www.kemnaker.go.id. 2020. Menaker: Badai Pasti Berlalu, Panggil Kembali Pekerja Yang Ter-PHK Nanti.

www.kompas.com. 2020. Sederet Cerita PHK Karena Corona Berujung Kriminal, Ada Yang Tikam Sang Nenek Dan Bakar Warung.

www.theconversation.com. 2020. Angka KDRT Di Indonesia Meningkat Sejak Pandemic Covid-19 Penyebab Dan Cara Mengatasinya.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v18i1.27819

Article Metrics

Abstract view : 794 times
PDF - 639 times

Copyright (c) 2021 Ria Indi Setia Nugrahini, Andik Matulessy, Rr. Amanda Pasca Rini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.