BERSYUKUR PADA REMAJA PEREMPUAN DARI KELAS EKONOMI MENENGAH YANG MENGALAMI BODY DISSATISFACTION

Aliffia Ananta, Rina Dwi Purwanti

Abstract


Bersyukur atau gratitude adalah bentuk apresiasi yang dilakukan oleh individu ketika seseorang melakukan sesuatu yang baik atau membantu. Secara spesifik bersyukur dapat diartikan perasaan bahagia ketika menerima kebaikan atau melihat suatu kebaikan yang terjadi secara alamiah. Bersyukur dapat memberikan manfaat beberapa diantaranya adalah mencegah perasaan negatif, memotivasi adanya peningkatan diri, meningkatkan self-esteem, serta terbuktinya bersyukur memiliki kaitan dengan kondisi kesehatan yang lebih baik. Hal ini bisa jadi bertolak belakang Body Dissatisfaction atau ketidakpuasan terhadap bentuk tubuh. Body Dissatisfaction adalah penialaian negatif terhadap bentuk tubuh yang dimiliki. Remaja yang menghalami Body Dissatisfaction akan berfokus pada hal-hal negatif yang terjadi, mengalami kesulitan untuk melihat hal-hal positif, kelebihan, dan hal-hal apa yang mereka miliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran beryukur pada remaja perempuan dari kelas ekonomi menengah yang mengalami Body Dissatisfaction. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Gratitude Questionaire-Six Item Form (GQ-6) yang disusun oleh McCullough et al., (2002)

Keywords


Bersyukur, Remaja Perempuan, Body Dissatisfaction

Full Text:

PDF

References


Froh, J. J., Fan, J., Emmons, R. A., Bono, G., Huebner, E. S., & Watkins, P. 2011. Measuring Gratitude in Youth: Assessing the Psychometric Properties of Adult Gratitude Scales in Children and Adolescents. Psychological Assessment. Advance online publication. doi: 10.1037/a0021590

Wood, A. M., et al., 2010. Gratitude and well-being: A review and theoretical integration, Clinical Psychology Review. doi:10.1016/j.cpr.2010.03.005.

Allen, S. 2018. The Science of Gratitude. Berkeley: John Templeton Foundation

Ananta, A. 2016. Penurunan Body Dissatisfaction Pada Perempuan Dalam Masa Emerging Adulthood Dengan Gratitude Intervention. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia. Vol. 5, No. 02, 160 – 166.

Quittkat, H.L., Hartmann, A.S., Dusing, R., Buhlmann, U., Vocks, S. 2019. Body Dissatisfaction, Importance of Appearance, and Body Appreciation in Men and Women Over the Lifespan. Frontiers in Psychiatry. Vol. 10. 1 – 12.

Winata, C., Andangsari, E. W. 2017. Dispositional Gratitude and Social Comparison Orientation Among Social Media Users. Humaniora. Vol. 8, No. 3, 229-237.

Rash, J.A., Matsuba, K., Prkachin, K.M. 2011. Gratitude and Well-Being: Who Benefits the Most from a Gratitude Intervention? Applied Psychology: Health and Wellbeing. Vol. 3, No. 3, 350-369.

Sunartio, L., Sukamto, E.M., Dianovinina, K. (2012). Social Comparison dan Body Dissatisfaction Pada Wanita Dewasa Awal. Humanitas. Vol. IX, No. 2

Rosen, J., & Reiter J. C. 1995. Cognitive-behavioral body image therapy for body dysmorphic disorder. Journal of Consulting and Clinical Psychology, Vol. 63, No.2, 263-269




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v19i2.30436

Article Metrics

Abstract view : 425 times
PDF - 382 times

Copyright (c) 2021 Aliffia Ananta, Rina Dwi Purwanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.