HUBUNGAN ANTARA PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DENGAN ENGAGEMENT LEARNING PADA MAHASISWA

Sepdi Putera Anugerahnu, Rudangta Arianti

Abstract


Psychological well-being dan engagement learning merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan guna meningkatka sistem pendidikan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara psychological well-being dengan engagement learning pada mahasiswa. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi UKSW yang merupakan mahasiswa aktif dan tidak dalam status cuti kuliah, mulai dari angkatan 2016 sampai angkatan 2019. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive quota sampling dengan partisipan sebanyak 91 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada Skala psychological well-being disusun menurut Carol Ryff  (1989) yang bernama psychological well-being scale (PWBS) dan untuk engagement learning diukur menggunakan skala Engaged Learning Index (ELI)  yang disusun berdasarkan penelitian Schreiner & Louis (2006). Hasil dari penelitian ini menunjukan  bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara PWB dengan engagement learning (r= 0498; p < 0,05), hal ini menujukan  bahwa semakin tinggi psychological well-being pada mahasiswa maka semakin tinggi pula engagement learning  pada mahasiswa tersebut, begitu pula sebaliknya. Dengan hasil tambahan bahwa PWB memiliki kontribusi sebesar 24,8% terhadap engagement learning.


Keywords


Engagement learning, psychological well-being

Full Text:

PDF

References


Arlinkasari, F., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan antara school engagement, academic self-efficacy dan academic burnout pada mahasiswa. Humanitas Jurnal Psikologi, 1(2), 81-102.

Aulia, F. (2015). Aplikasi Psikologi Positif dalam Konteks Sekolah. In Seminar Psikologi dan kemanusian

Awang-Hashim, R., Kaur, A., & Noman, M. (2015). The interplay of socio-psychological factors on school engagement among early adolescents. Journal of Adolescence, 45, 214-224.

Azwar, S. (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta Pustaka Pelajar.

Ceyhan, A. A., & Ceyhan, E. (2011). Investigation of university students’ self-acceptance and learned resourcefulness: A longitudinal study. Higher Education, 61(6), 649-661.

Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). School engagement: Potential of the concept, state of the evidence. Review of educational research, 74(1), 59-109.

Halimah, L., Kusdiyati, S., & Susandari, S. (2017). Pengaruh konteks teman sebaya terhadap keterlibatan belajar dengan mediator self-system processes. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 265-274.

Maharani, R. (2015). Pengaruh penerimaan diri terhadap psychological well being pada narapidana remaja tahanan polres banyumas yang mengalami kecanduan napza di lembaga pemasyarakatan purwokerto. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi. Purwokerto : Universitas Kristen Satya Wacana

Mangaria, S. (2017). Hubungan work engagement dengan pyschological well being pada orang yang profesinya berbeda dengan latar belakang pendidikanya.Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi. Salatiga : Universitas Kristen Satya Wacana

Mariyanti, S. (2017). Profil psychological well being mahasiswa reguler program studi psikologi semester 1 di universitas esa unggul. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 15 (2), 45- 50.

Michael, K. D., Huelsman, T. J., Gerard, C., Giligan, T. M., & Gustafson, M.R. (2006). Depression among college students trends In prevalance and treatment seeking. Counseling and Clinical Psychology Journal, 3(2), 60-70.

Oetari, R., Psi, S. P. S., & Psi, M. (2018). Hubungan Antara Pemaafan Dengan Psychological Well-Being Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Prajitno, E.D. (2015). Hubungan Psychological Well Being dengan Prestasi Akademis pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi. Salatiga : Universitas Kristen Satya Wacana.

Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of personality and social psychology, 57(6), 1069-1081.

Ryff, C. D., & Singer, B. (1996). Psychological well-being: Meaning, measurement, and implications for psychotherapy research. Psychotherapy and psychosomatics, 65(1), 14-23.

Santoso, S. (2000). SPSS Versi Mengelolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Santrock. J. W. (2002). Life- span development: Perkembangan masa hidup.

Jakarta: Erlangga.

Schreiner, L. A., & Louis, M. (2006). Measuring engaged learning in college students: Beyond the borders of NSSE. Paper presented at the annual meeting of the Association for the Study of Higher Education, Anaheim, CA.

Ludban, M. (2015). Psychological well-being of college students. Undergraduate Research Journal for the Human Sciences, 14 (1).

Sarifah, S., & Edwina, T. N. (2015). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan disiplin kuliah dengan minat mengikuti kuliah pada mahasiswa program studi manajemen produksi pemberitaan sekolah tinggi multi media Yogyakarta. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 17(2), 118-127.

Sood, S., & Bakhshi, A., (2012). Percieved social support and psychological well-being of aged Kashmiri migrants. Research on Humanities and Social Sciens, 2(2), 1-7.

Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Keputusan Presiden Republik Indonesia. Jakarta

Zulkifli, H, R, A. (2018). Pengaruh grit, syukur dan school engagement terhadap kesejahteraan subjektif mahasiswa perantau. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v19i2.30714

Article Metrics

Abstract view : 1244 times
PDF - 1015 times

Copyright (c) 2021 Sepdi Putera Anugerahnu, Rudangta Arianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.