Bimbingan Karir untuk Mempersiapkan Anak Tunagrahita Memasuki Dunia Kerja

Putri Bensu, S.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana layanan bimbingan karir dapat menjadikan anak tunagrahita siap memasuki dunia kerja. Layanan BK di SLB dilaksanakan oleh Guru Kelas yang diberikan tugas merangkap tugas bimbingan dan konseling di kelasnya. Guru BK harus memahami pola pendidikan bagi anak tunagrahita, dan memahami pula arah atau muara yang akan dituju dari proses pendidikan bagi anak tunagrahita tersebut. Keterbatasan kemampuan intelektual anak tunagrahita menuntut dikembangkannya potensi lain yaitu kemampuan keterampilan vokasionalnya. Tujuan akhir dari pendidikan bagi anak tunagrahita adalah mewujudkan anak tunagrahita untuk mampu bekerja atau berkarya bersama masyarakat di lingkungannya. Bagi anak tunagrahita mewujudkan ini tidak mudah, sehingga sangat membutuhkan guru pembimbing atau pendamping. Untuk menyiapkan anak tunagrahita yang siap kerja diperlukan kerjasama dengan pengusaha, hal ini untuk memudah pelaksanaan program PKL, magang kerja dan penyaluran kerja.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v7i2.5108

Article Metrics

Abstract view : 1074 times
PDF - 3 times

Copyright (c) 2015 Putri Bensu, S.Pd

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.