Peran Guru BK dalam Pembelajaran Keterampilan Bagi Anak Tunagrahita
Abstract
Ditinjau dari kemampuan intelektualnya anak tunagrahita memiliki hambatan intelektual namun untuk mencapai kemandiriannya anak tunagrahita membutuhkan bimbingan dari orang-orang disekitarnya. Tujuan penelitian ini untuk membantu mengetahui potensi anak tunagrahita dan mengetahui kemana arah pengembangannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa tunagrahita SLB Negeri 1 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SLB tunagrahita mampu memilih satu jenis keterampilan, sebagian besar siswa mempu membangun jejraing dengan pihak pengusaha, dan mendapat kesampatan untuk kerja lapangan. Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai masukan bagi guru BK agar turut mengarahkan anak untuk fokus pada salah satu jenis keterampilan, melibatkan keluarga dan pengusaha dalam proses pembelajaran, dan dalam penyaluran kerja atau pembentukan kelompok usaha.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v7i2.5117
Article Metrics
Abstract view : 418 timesPDF - 1 times
Copyright (c) 2015 Rejokirono M.Pd
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.