POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK PADA ETNIS TIONGHOA DI DESA SAMPALI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis pola asuh apa yang diterapkan oleh orang tua etnis Tionghoa dalam mendidik anak, mengetahui dampak dari pola asuh yang dipilih oleh orang tua etnis Tionghoa dan mengetahui upaya yang dilakukan oleh orang tua etnis Tionghoa dalam mendidik anak di Desa Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang tepatnya Komplek Cemara Asri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi non partisipan, wawancara serta dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan oleh orang tua etnis Tionghoa yang ada di Komplek Cemara Asri desa Sampali adalah pola asuh demokratis dan pola asuh otoriter, yang memberikan dampak berbeda pada anak, dimana anak yang dididik dengan pola asuh demokratis lebih terbuka dan percaya diri sedangkan yang dididik dengan pola asuh otoriter lebih tertutup dan bergantung pada orang tuanya. Disamping itu kedua jenis pola asuh tetap memberikan dampak positif seperti anak-anak Tionghoa menjadi lebih disiplin, pekerja keras, memiliki banyak kemampuan dan bertanggung jawab. Hal tersebut tentu didukung oleh upaya yang dilakukan oleh orang tua etnis Tionghoa seperti memberikan contoh serta nasihat yang baik, membiasakan anak untuk hidup disiplin, memberikan pendidikan terbaik, memberikan quality time dan les tambahan pada anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfarabi. 2010. Wacana dan Stigma Etnis Tionghoa di Indonesia. Jurnal An-Nilda, 3(1), 53-60.
Dachi, Micha. 2020. Pentingnya Pengawasan Orangtua dalam Optimalisasi Kedisiplinan Remaja. Jurnal Teologi Praktika, 1(2), 84-97
Elfani, S. & Utami, D. 2021. Diskursus Pola Asuh Keluarga Etnis Tionghoa. E-Journal Unesa, 10(1), 1-18
Fimansyah, W. 2019. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Di Era Globalisasi. Primary Education Journal Silampari, 4(1), 1-6
Guang, L.S. (2009). Rahasia Kaya dan Sukses Pebisnis Tionghoa. Yogyakarta: ANDI
Gunarsa, S. (2007). Psikologi Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.
Guna, Soesilo & Windrawanto. 2019. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Pengambilan Keputusan Mahasiswa Pria Etnis Sumba Di Salatiga. Jurnal Psikologi Konseling, 14(1), 340-352.
Gunawan, I. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.
Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Hidayati, N.I. 2014. Pola Asuh Otoriter Orangtua, Kecerdasan Emosi, Dan Kemandirian Anak SD. Jurnal Psikologi Indonesi, 3(1), 1-8.
Koentjaraningrat. (1990). Beberapa Pokok Antropologi Sosial. Jakarta : Dian Rakyat.
Koentjaraningrat. (2002). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta
Sari, Popy P, Sumardi, & Mulyadi, S. 2020. Pola Asuh Orangtua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157-170.
Shochib, M. (2018). POLA ASUH ORANG TUA Untuk Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Cetakan ke-19. Bandung: Alfabeta.
Sujana, Wardah & Alfiah. 2020. Etnis Tionghoa: Pluralisme dan Regulasi Birokrasi di Indonesia. Jurnal Alun Sejarah, 3(2), 181-193.
Surya, A. 2009. Sumbangsih Etnik Tionghoa Dalam Bisnis di Kota Medan. Jurnal Industri dan Perkotaan, 13(24), 1-15.
Tan, M.G. (2008). Etnis Tionghoa di Indonesia. Jakara: Yayasan Obor Indonesia.
Tridhonanto, A, & Agency, B. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Zein, A.B. (2000). Etnis Cina Dalam Potret Pembauran di Indonesia. Cetakan ke-1. Jakarta: Prestasi Insan Indonesia
DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v16i1.51190
Article Metrics
Abstract view : 125 timesPDF - 69 times
Copyright (c) 2024 Friska Sumanda Sitorus, Wira Fimansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.