HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF (COMPULSIVE BUYING) PADA MAHASISWA UKSW ETNIS MINAHASA
Abstract
Mahasiswa perantau memiliki banyak kebutuhan yang harus dipenuhi walaupun masih dalam tanggung jawab orang tua masing-masing. Pola gaya hidup yang tercipta pada mahasiswa perantau salah satunya yaitu perilaku konsumtif (compulsive buying). Pengembangan gaya hidup pada mahasiswa perantau ini termasuk pada pengembangan identitas diri dan penilaian diri yang merupakan aspek dari konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa etnis Minahasa yang berkuliah di UKSW. Partisipan penelitian adalah mahasiswa UKSW Etnis Minahasa berjumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan skala Konsep Diri yang terdiri dari 11 aitem dan skala Perilaku Konsumtif (Compulsive Buying) yang terdiri dari 22 aitem yang keduanya telah memenuhi syarat reliabilitas yang baik. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Konsep Diri dan Perilaku Konsumtif (Compulsive Buying) memiliki hubungan positif yang tidak signifikan dengan hasil r = 0,019 dengan nilai sig 0,459 (p < 0,05). Melalui penelitian ini diharapkan dapat membantu mengembangkan konsep diri yang positif sehingga dapat meminimalisir munculnya perilaku konsumtif (compulsive buying).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmawan, M. S. D., & Wijono S. (2022). Konsep diri dengan impulsive buying produk pakaian pada mahasiswa. Jurnal ilmiah bimbingan konseling undiksha, 13(3), 1-10.
Edwards, A. E. (1993). Development of new scale for measuring cimouksive buying behavior. Financial counseling and palnning, 4, 67-85.
Ermawati, E., & Indriyanti, E. P. (2011). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif pada remaja di SMP N 1 Piyungan. Jurnal spirits, 2, 1-12.
Fitriani,. & Romas, Z. M. (2014). Hubungan konsep diri dengan perilaku konsumtif pada remaja di SMK Kesehatan. Jurnal Psikologi, 10, 16-22.
Indah, KS. (2013). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiwa Dalam Menggunakan Produk Fashion Bermerk. Universitas Muhammadiyah. Surakarta. Skripsi. Diambil kembali dari :
Jessica, G., & Mariyana, W. (2013). Pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 11, 50-65.
Kurnia, L. (2012). Hubungan antara self-esteem dan compulsive buying pada wanita dewasa muda. Universitas Indonesia. Jakarta. Skripsi. Diambil kembali dari :
Piers, V. E., & Harris, B. D. (1964). Age and other corraltes of self-concept in children. Journal of education psychology, 55, 91-95.
Piers, V. E., & Herzberg, D. S. (2001). Piers-Harris Childern’s Self-concept Scale, Second edition. Pennsylvania : WPS publisher distributor.
Rahajeng, MA. (2015). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah. Universitas Muhammadiyah. Surakarta. Skripsi. Diambil kembali dari :
Sari, R. K. (2016). Kecenderungan perilaku compulsive buying (pembelian kompulsif) pada remaja akhir di Samarinda. eJournal Psikologi, 4, 361-372.
Suminar, E., & Meiyunantari, T. (2015). Konsep diri, konformitas dan perilaku konsumtif pada remaja. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 4, 145-15
DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v16i1.60187
Article Metrics
Abstract view : 116 timesPDF - 52 times
Copyright (c) 2024 Syeren Christi Lanes Sangian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.