PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK MODELLING TERHADAP EMPATI PADA TEMAN SEBAYA SISWA KELAS XI IPA 1 MAN 2 MODEL MEDAN T.A 2016/2017

Asiah Asiah, Oski Putri Iskandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan konseling kelompok teknik Modelling terhadap empati pada teman sebaya siswa kelas XI IPA 1 MAN 2 Model Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli s/d September 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Pre experimental design dengan jenis Pre test-post test one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 MAN 2 Model Medan. Sampel ditarik dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 8 orang yang berasal dari kelas XI IPA 1 sampel yang homogen. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket empati pada teman sebaya berjumlah 32 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 16,5 dengan a = 0,05, adapun J tabel = 4. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 16,5 > 4. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test empati pada teman sebaya diperoleh skor rata-rata 61, sedangkan data post-test empati pada teman sebaya diperoleh skor rata-rata sebesar 101. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan konseling kelompok teknik Modelling lebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan konseling kelompok teknik Modelling. Layanan konseling kelompok teknik Modelling memberikan kontribusi sebesar 65,5 % terhadap peningkatan empati pada teman sebaya siswa kelas XI IPA 1 MAN 2 Model Medan T.A 2016/2017.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v11i2.9640

Article Metrics

Abstract view : 361 times
PDF - 377 times

Copyright (c) 2017 Asiah Asiah, Oski Putri Iskandar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.