Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis) terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014

Authors

  • shaumi azani syahfitri prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/ajs.v2i3.1477

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis) terhadap kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan, yang berjumlah 152 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 38 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian one group pre-test and post-test design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen (pre-test) dan sesudah eksperimen(post-test). Instrumen yang digunakan adalah tes essay menulis paragraf ekspsosisi.Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata 65,50, standar deviasi 7,99. Sedangkan hasil post-test diperoleh rata-rata 80,05, standar deviasi 9,47. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah >, yaitu 7,19> 2,02, makahipotesis alternatif ( diterima. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Cooperative Integrated Reading and Composition, Paragraf Eksposisi

Downloads

Published

2013-08-07

Issue

Section

Articles