EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PANCURBATU TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Authors

  • ira wati barus pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/ajs.v2i3.1486

Abstract

Irawati Br Barus. Nim 2103111030. Efektivitas ModelPembelajaran Berbasis Masalah (Problem based learning)Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi SiswaKelas X SMA Negeri 1 Pancurbatu tahun pembelajaran2013/2014.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas ModelPembelajaran Berbasis Masalah (Problem based learning) TerhadapKemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X SMANegeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian inimerupakan penelitian eksperimen yaitu penelitian yang menggunakanmodel pembelajaran berbasis masalah kemudian mengetahuiefektivitasnya dari hasil belajar atau prestasi siswa. Dalam hal inidiperoleh rata-rata nilai di kelas kontrol (menggunakan modeldemontrasi) = 71,7, sedangkan rata-rata nilai di kelas eksperimen(menggunakan model pembelajaran berbasis masalah) = 82,35.Berdasarkan uji normalitas, hasil kelas kontrol dan kelas eksperimenberdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitasdinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Dalamhal ini diperoleh t o =4,55. Selanjutnya dikonsultasikan dengan t tabelpada taraf 5% = 2,04. ô€ô€¬´ô€®µ ô€ô€¯§ô€¯”ô€¯•ô€¯˜ô€¯Ÿ , yakni 4,55> 2,04.Maka hipotesisnihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal inimembuktikan bahwa model pembelajaran berbasis masalah lebihefektif digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasisiswa kelas X SMA Negeri 1 Pancurbatu daripada model demontrasi.Kata kunci: Efektif, model pembelajaran berbasis masalah,konvensional, menulis paragraf argumentasi.

Downloads

Published

2013-08-07

Issue

Section

Articles