EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) DALAM MENEMUKAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN BERSIAP KECEWA BERSEDIH TANPA KATA-KATA KARYA PUTU WIJAYA OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MEREK TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.24114/ajs.v2i3.1488Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan efektivitas ModelPembelajaran Student Teams Echievement Division (STAD) dalammenemukan unsur-unsur intrinsik cerpen œ Bersiap KecewaBersedih Tanpa Kata- Kata Karya Putu Wijaya oleh siswa kelas VIISMP Negeri 1 Merek Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasipenelitian ini adalah 195 orang dan dan sampel penelitian dilakukanterhadap 70 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Merek. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random. Selanjutnyasampel dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu 35 siswa kelompokeksperimen (Student Teams Echievement Division (STAD) dan 35siswa kelompok kontrol (model pembelajaran ceramah). Dari hasilpenelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) diperolehdiperoleh nilai rata-rata 81,71, dan termasuk dalam kategori baik.Sedangkan menggunakan pembelajaran ceramah diperoleh nilai ratarata74,71, dan termasuk dalam kategori cukup.Model pembelajaran Teams Achievement Division (STAD) efektifmenemukan unsur-unsur intrinsik cerpen œBersiap Kecewa BersedihTanpa Kata-Kata karya Putu Wijaya di kelas VII SMP Negeri 1Merek tahun pembelajaran 2013/2014. Ini terbukti dari hasil uji tdiperoleh nilai thitung > ttabel(0,05), 3,01 > 2,65.Kata kunci : Efektivitas belajar, model pembelajaran StudentTeam Achievement Division (STAD), unsur intrinsik, cerpen.Downloads
Published
2013-08-07
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2013 khatarina f sitompul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.