PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKLPLANASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TIGAPANAH TAHUN PEMBELAJARAN 2015/21016
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tigapanah Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 132 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa yang diambil secara homogen dikarenakan setiap kelas memiliki tingkat kemampuan yang sama, maka sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas VII-1 yang berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes esai. Dari pengolahan data diketahui bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tigapanah Tahun Pembelajaran 2015/2016 sebelum menggunakan model pembelajaran inkuiri di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 65,75, standar deviasi = 8,96 sedangkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 tigapanah Tahun Pembelajaran 2015/2016 sesudah menggunakan model pembelajaran inkuirimasuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 79,42, standar deviasi = 8,13.Selanjutnya uji data diatas kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 6,72. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=35-1=34 diperoleh taraf signifikansi 5% = 0,7, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 6,72>2,03, hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tigapanah Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Teks Eksplanasi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v5i2.3907
Article Metrics
Abstract view : 299 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Emy Novika Sari Br Ginting, Rumasi Simaremare
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.