PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 19 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI SMA Negeri 19 Medan tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 244 populasi dengan sampel 82 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk essai. Dari pengolahan data yang diperoleh hasil kelas kontroldengan nilai rata-rata = 66,32dan standar deviasi sebesar 10,51, siswa yang berkemampuan dalam kategori baik 13 orang (31,71%), kategori cukup 14 orang( 34,15%), kategori kurang 7 orang (17,07%) dan kategori sangat kurang sebanyak 7 orang (17,07%). Hasil kelas eksperimen dengan rata-rata = 76,58 dan standar deviasi sebesar 9,18, siswa yang berkemampuan dalam kategori sangat baik sebanyak 13 orang (31,71%), kategori baik sebanyak 14 orang (34,15%), kategori cukup sebanyak 7 orang (17,07%), dan kategori kurang sebanya 7 orang (17,07%).Dari uji data hasil kelas kontroldan eksperimendidapat kedua hasil distribusi normal.Dari uji data hasil homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapat to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 95% dengan dk = (n1+n2-2) = 41+41–2= 80, pada taraf signifikansi harga t(0,95)(80) tidak ditemukan dalam distribusi t, maka untuk mencari harga tersebut ditentukan dengan interpolasi dimana ditemukan ttabel= 1,66.Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 4,66 > 1,66, maka hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI SMA Negeri 19 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: model pembelajaran berbasis proyek, kemampuan menulis, karya ilmiah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v5i2.3908
Article Metrics
Abstract view : 238 timesPDF - 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Bintang Togina Suryani Sinambela, Wisman Hadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.