HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Darmina Pratiwi Barus, Tiur Asi Siburian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas IX SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan yang berjumlah 227 orang. Sampel diambil dari populasi sebanyak 42 orang dengan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah instrumen tes. Dalam hal ini, instrumen yang digunakan untuk menjaring data kemampuan berpikir kritis adalah instrumen tes objektif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data kemampuan menulis teks berita adalah instrumen tes penugasan menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, kemampuan berpikir kritis siswa tergolong ke dalam kategori cukup (= 61,95). Kedua, kemampuan menulis teks berita siswa tergolong ke dalam kategori cukup (). Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan menulis teks berita siswa (thitung> ttabel). Besaran korelasinya (rxy = 0,86 ) berada pada rentangan 0,800 - 1,000 dan tergolong ke dalam kategori sangat tinggi.

Kata Kunci: kemampuan, berpikir kritis, menulis, teks berita


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v5i2.3909

Article Metrics

Abstract view : 387 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Darmina Pratiwi Barus, Tiur Asi Siburian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.