HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN INTENSITAS MENONTON BERITA DI TELEVISI DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP SATU ATAP NEGERI 4 PANGURURAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Hotris Simbolon

Abstract


kosakata dan intensitas menonton berita di televisi dengan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMPSatu Atap Negeri 4 Pangururan tahun pembelajaran 2015/2016.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPSatu Atap Negeri 4 Pangururan tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 90 orang.Sampel diambil dari populasi sebanyak 73 orang dengan teknik random sampling.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah instrumen tes.Dalam hal ini, instrumen yang digunakan untuk menjaring data penguasaan kosakata adalah instrumen tes objektif.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data intensitas menonton berita di televisi adalah instrument angket tertutup.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data kemampuan menulis teks berita adalah instrumen tes penugasan menulis.

Hasil penelitian menunjukkan empat hal. Pertama, penguasaan kosakata siswa tergolong kategori cukup ( = 64). Kedua, intensitas menonton berita di televisi siswa tergolong kategori sedang(= 59,46) (dalam rentang 41,5 – 81,5). Ketiga, kemampuan menulis teks berita siswa tergolong dalam kategori cukup ( = 66,5). Keempat, ada hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dan intensitas menonton berita di televisi dengan kemampuan menulis teks berita siswa (Fhitung> Ftabel) dengan nilai Fhitung  sebesar 35,6 dengan nilai determinasi 57,15. Ini  berarti 57,15 % kemampuan menulis teks berita dipengaruhi oleh penguasaan kosakata dan intensitas menonton berita di televisi, sedangkan 42,85% dipengaruhi oleh faktor lain.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v5i3.7035

Article Metrics

Abstract view : 147 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Hotris Simbolon

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.