PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Putri Silaban

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe dua tinggal dua tamu (two stay two stray) terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 15 Medan dengan jumlah 451 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa kelas XI. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil pre-test dan post-test. Adapun nilai rata-rata = 63,94, standar deviasi = 8,59 dan termasuk dalam kategori sangat baik 0%, kategori baik 25,71%, kategori cukup 62,85%, kategori kurang 11,42%, dan kategori sangat kurang 0%. Sedangkan nilai rata-rata post-test = 76,91, standar deviasi = 7,53 dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 20%, kategori baik sebanyak 63%, kategori cukup sebanyak 17,2%, kategori kurang sebanyak 0%, dan kategori sangat kurang sebanyak 0%. Dari hasil uji data pre-test dan post-test  yang diperoleh siswa merupakan data yang berdistribusi normal. Hal ini dapat dilihat dari uji normalitas hasil pre-test, yaitu Lhitung < Ltabel (0,1332 < 0,149) dan uji normalitas hasil post-test , yaitu Lhitung < Ltabel  (0,1265 < 0,149). Dari uji homogenitas juga terbukti bahwa sampel dalam penelitian ini berasal dari populasi yang homogen, yaitu Fhitung < Ftabel yakni 1,406 < 2,71. Dan dari pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh to > ttabel (6,65 > 2,03) telah membuktikan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis bukti yang empirik bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen di SMA Negeri 15 Medan.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v5i3.7037

Article Metrics

Abstract view : 173 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Putri Silaban

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.