ANALISIS TINGKAT KESULITAN SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH BAHASA INDONESIA SMP NEGERI 1 KUALA TAHUN AJARAN 2014/2015

Sri Wati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian naskah soal ujian akhir sekolah Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Kuala dengan kurikulum dan mendeskripsikan tingkat kesulitan soal ujian akhir sekolah bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Kuala. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode dokumentasi.

Teknik analisis data untuk kesesuaian naskah soal dengan kurikulum dilakukan dengan menyesuaikan tiap butir soal dengan kurikulum (standar isi dan standar kompetensi lulusan), serta membuat persentase kesesuaiannya butir soal dengan kurikulum tersebut. Teknik analisis tingkat kesulitan soal ujian akhir sekolah dilakukan dengan menganalisis soal berdasarkan kriteria soal (Taksonomi Bloom), selanjutnya menghitung persentase dari tiap tingkatan.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa soal ujian akhir sekolah bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Kuala dinyatakan sesuai dengan kurikulum yang berlaku disekolah tersebut (KTSP) dengan rincian; kesesuaian naskah soal dengan standar isi 100% dan kesesuaian soal dengan standar kompetensi lulusan sebanyak 90%. Dari segi tingkat kesulitan analisis data menunjukkan bahwa tingkat kesulitan soal memiliki tingkat kesulitan baik dengan proporsi 3-4-3, yakni soal mudah sejumlah 30,6 %, sedang 38,8 % dan sukar 30,6 %.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v5i3.7038

Article Metrics

Abstract view : 274 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Sri Wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.