Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Kemampuan Menemukan Informasi pada Tabel oleh Siswa Kelas VII MTsN 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan menemukan informasi pada tabel oleh siswa kelas VII MTsN 2 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 334 siswa. Dari 334 siswa, ditetapkan 42 siswa yang diambil secara acak menjadi sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menemukan informasi pada tabel sebelum menggunakan model kooperatif tipe STAD masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 65,2 sedangkan kemampuan siswa menemukan informasi pada tabel sesudah menggunakan model kooperatif tipe STAD masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 79,9 Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung> ttabel yakni ( 7,14 > 2,02 ) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima, hal ini berarti ada pengaruh model kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan menemukan informasi pada tabel siswa kelas VII MTsN 2 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menemukan informasi pada tabel sesudah menggunakan model kooperatif tipe STAD lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan model kooperatif tipe STAD, proses pembelajaran sesudah menggunakan model kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap kemampuan menemukan informasi pada tabel.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v5i3.7039
Article Metrics
Abstract view : 116 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Juni Novita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.