Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Kemampuan Memahami Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Novita Sari Manurung

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan memahami teks berita. Sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-E SMP Negeri 6 Medan yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes objektif atau pilihan ganda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model One Group Pre-Test dan Post-Test Design. Berdasarkan pengolahan data yang didapat dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 64,91. Sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 77,59. Dari hasil uji data pre-test dan post-test siswa diperoleh data yang berdistribusi normal. Hal ini dapat dilihat dari uji normalitas hasil pre-test Lhitung < Ltabel yaitu 0,13 < 0,147 dan uji normalitas hasil post-test Lhitung < Ltabel  yaitu 0,1031< 0,147. Dari uji homogenitas juga terbukti bahwa sampel dalam penelitian ini berasal dari populasi yang homogen  Fhitung < Ftabel yakni 1,24 < 1,78. Dan dari pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh to > ttabel  yaitu 4,8 > 2,02 telah membuktikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran cooperative script terbukti memberikan pengaruh terhadap kemampuan memahami teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Medan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v5i3.7040

Article Metrics

Abstract view : 149 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Novita Sari Manurung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.