Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Keliling Kelas terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Swasta Al Ulum Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Dian Puspa Apriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Keliling Kelas terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa kelas
X SMA Swasta Al Ulum Medan TP 2012/2013. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen two group test desagn untuk mengetahui
berpengaruh tidaknya metode pembelajaran yang digunakan. Alat pengumpul
data adalah tes esai. Hasil penelitian pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe keliling kelas adalah katagori baik dengan nilai ratarata
83, sedangkan model pembelajaran konvensional dalam katagori cukup
dengan nilai rata-rata 69,6.
Analisis pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji “t”. Selanjutnya,
dari perhitungan uji hipotesis diperoleh to yaitu 15,22 diketahui, selanjutnya
dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df = (N1 + N2) -
2 = (40 +40) - 2 = 78. Pada tabel t dengan df = 78 diperoleh taraf signifikan 5% =
2,002, karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,002< 15,22.
Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti empirik bahwa Kemampuan
menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe keliling
kelas dan soal lebih baik daripada kemampuan menulis puisi dengan
menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata kunci :Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Keliling Kelas, Menulis Puisi, Puisi, model
konvensional

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v1i3.974

Article Metrics

Abstract view : 211 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Dian Puspa Apriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.