PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN FAKTA DAN OPINI PADA TAJUK RENCANA HARIAN KOMPAS OLEH SISWA XI SMA ISLAM TERPADU AL-ULUM TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Fristi Ayu Sriskiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap
kemempuan menentukan fakta dan opini pada tajuk rencana Harian Kompas oleh siswa kelas
XI SMA Islam Terpadu Al-Ulum Tahun Pembelajaran 2012/2013. Untuk penelitian ini data
diambil dari kelas sampel yaitu kelas XI-2 yang berjumlah 40 orang.Sampel diambil dari
populasi yang terdiri dari tiga kelas.Pengambilan data diambil dari instrument test dalam
bentuk penugasan yaitu menentukan fakta dan opini pada tajuk rencana Harian Kompas.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan
desain penelitian one group pretest post-test desaign.
Dengan pengolahan data diperoleh dengan nilai rata-rata pre test = 65,52, standar
deviasi = 5,77, atau termasuk kategori cukup sebanyak 28 orang atau 70%, kategori kurang
sebanyak 12 orang atau 30%. Nilai rata-rata post-test = 80,22, standar deviasi = 7,26, dan
termasuk kategori sangat baik sebanyak 11 orang atau 27,5%, kategori baik sebanyak 23
oang atau 57,5%, dan kategori cukup sebanyak 6 orang atau 15%.
Berdasarkan hasil uji analisis data dengan memnggunakan uji “t” diperoleh thitung =
61,25 pada taraf signifikan ï = 5% dari daftar distribusi N = 40 maka diperoleh ttabel = 2,02.
Jadi, thitung> ttabel, 61,25> 2,02 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative(Ha)
diterima. Artinya, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC dalam
menentukan fakta dan opini pada tajuk rencana.
Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC
berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemamapuan menentukan fakta dan opini pada
tajuk rencana Harian Kompas oleh siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Al-Ulum Tahun
Pembelajaran 2012/2013.
Kata Kunci: model pembelajaran CIRC, menentukan fakta dan opini.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v1i3.979

Article Metrics

Abstract view : 153 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Fristi Ayu Sriskiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.