HUBUNGAN BERPIKIR KREATIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan 2017/2018.Penelitian ini termasuk penelitian korelasional.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dengan sampel berjumlah 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling(acak kelas). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional.Dalam penelitian ini data berpikir kreatif dikumpulkan dengan tes berpikir kreatif yang menggunakan tes kreativitas verbal yang mengukur kelancaran, kelenturan, keaslian, Elabori dengan enam subtes. Masing-masing tes diberi skor 4 untuk menguraikan 4 jawaban dengan benar, skor 3 untuk menguraikan 3 jawaban dengan benar, skor 2 untuk menguraikan 2 jawaban dengan benar, skor 1 untuk menguraikan jawaban dengan benar, skor 0 untuk jawaban salah dengan rentang nilai 0-100. Sedangkan data kemampuan menulis teks cerpen dikumpulkan dengan tes penugasan.
Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal.Pertama, kemampuan berpikir kreatiftergolong ke dalam kategori baik ( Kedua, kemampuan menulis teks cerpen tergolong ke dalam kategori baik ( . Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara berpikir kreatif dengan kemampuan menulis teks cerpen siswa.Hasil penelitian yang diperoleh terdapat hubungan yang signifikan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis teks cerpen
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/bss.v7i3.10714
Article Metrics
Abstract view : 518 timesPDF - 1766 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Friska Agustya Hutabalian, Atika Wasilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.