ANALISIS KESESUAIAN SOAL DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GURU BAHASAINDONESIAKELAS X DENGAN KOMPETENSI DASAR PADA KURIKULUM 2013 TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Fitri Sahara, Malan Lubis

Abstract


(RPP) Guru Bahasa Indonesia  Kelas X Dengan Kompetensi Dasar PadaKurikulum2013Tahun Pembelajaran2017/2018.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian soal dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru bahasa Indonesia dengan kompetensi dasar pada kuriulum 2013 bersadarakan aspek kognitif, dan psikomotorik. Objek yang diteliti adalah 45 butir soal essay buatan guru bahasa Indonesia kelas X.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan mendeskripsikan mengenai kesesuaian soal dalam RPP guru bahasa Indonsia dengan kompetensi dasar pada kurikulum 2013 berdasarkan aspek-aspek kompetensi dasar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian soal essay dengan indikator dan kompetensi dasar ditemukan sebanyak 35 (77,7%) soal merupakan soal yang sesuai dengan aspek-aspek kognitif menurut taksonomi Bloom. Sedangkan untuk soal yang tidak sesuai sebanyak 10 soal (22,2%). Dengan demikian kesesuaian soal bentuk essay dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru bahasa Indonesia kelas X dengan kompetensi dasar pada kurikulum 2013  menunjukkan bahwa soal tersebut baik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v7i3.10717

Article Metrics

Abstract view : 760 times
PDF - 2345 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Fitri Sahara, Malan Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.