PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Uswatun Hasanah, Syahnan Daulay

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran experiential learning terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini berjumlah 154 siswa. Dari 154 siswa, ditetapkan 30 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model pembelajaran experiential learning masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 6,44, sedangkan kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan model pembelajaran experiential learning masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 75,66. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (4,59) > ttabel (1,60) pada taraf signifikan α= 0,05. Dengan demikian  ditolak dan  diterima, hal ini berarti ada pengaruh model experiential learning terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v7i4.11737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.