PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran experiential learning terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini berjumlah 154 siswa. Dari 154 siswa, ditetapkan 30 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model pembelajaran experiential learning masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 6,44, sedangkan kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan model pembelajaran experiential learning masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 75,66. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (4,59) > ttabel (1,60) pada taraf signifikan α= 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima, hal ini berarti ada pengaruh model experiential learning terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/bss.v7i4.11737
Article Metrics
Abstract view : 488 timesPDF - 647 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Uswatun Hasanah, Syahnan Daulay
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.