PENGARUH TEKNIK PENGELOMPOKAN (CLUSTERING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH MAHASISWA SEMESTER III PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Sri Listiana Izar, Oktavia Lestari Pasaribu

Abstract


Ada empat keterampilan berbahasa yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan lain, hal ini didukung oleh Tarigan (1986:1)  bahwa keterampilan berbahasa memiliki empat komponen yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan menulis, dan keterampilan membaca.Dengan menulis, mahasiswa dapat mengungkapkan dan mengekspresikan gagasan atau pendapat, pemikiran, dan perasaan yang dimiliki. Selain itu, menulis juga dapat mengembangkan daya pikir dan kreativitas mahasiswa.Data dalam penelitian ini diperoleh dengan mengadakan tes. Tes dilakukan dengan mengunakan soal-soal yang dibuat dan disusun oleh peneliti. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada siklus I dan siklus II. Skor penilaian berdasarkan aspek-aspek yangsudah ditentukan. Dalam melakukan tes ini, diperlukan instrumen yang berupa pedoman atau kriteria penilaian. Penilaian tersebut menunjukan pencapaian aspek pokok yang  dijadikan kreteria penilaian, yaitu : (1) kelengkapan unsur berita (mengandung ADIKSIMBA); (2) keruntutan pemaparan (isi urut dan jelas sehingga mudah dipahami); (3)penggunaan kalimat (singkat dan jelas); (4) penggunaan kosa kata (tepat); (5) kemanarikan judul; dan (6)ketepatan penggunaan ejaan dalam berita.Untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam menulis teks berita, data memegang peranan penting. Untuk memperoleh data tersebut banyak cara yangditempuh, ada yang mengunakan tes, angket, wawancara, dan sebagainya sesuai dengan data yang dibutuhkan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v7i4.11759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.