PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PADA MATA KULIAH MICROTEACHING

Hasan Saragih, Sri Rahmah Dewi Saragih, Fitriani Lubis, Dewi Endriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui prestasi mahasiswa penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two pada mata kuliah microteaching Tahun akademik 2017/2018.Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik  Cluster Random Sampling yaitu pada penelitian ini adalah mahasiswasemesterVIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIB  sebagai kelas kontrol  dan jumlah setiap semester adalah 30 mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dan  menggunakan tes yang berbentuk  uraian 5  soal. Dari hasil perhitungan pretes dan protes, data tersebut  diuji kedalam pengujian normalitas dan homogenitas dari kedua kelas, dinyatakan berdistribusi normal  dan homogen. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis diperoleh    thitung = 4,53 dan ttabel = 2,002 dengan dk = 30 + 30 – 2 = 58 dan a = 0,05 maka thitung>  ttabel yaitu 4,53 > 2,002, sehingga hipotesis nol ditolak,sekaligus menerima hipotesis alternatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adapengaruh strategi pembelajaran aktif  tipe The Power Of Two terhadap prestasi akademik mahasiswa pada mata kuliah microteaching.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v7i4.11763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.