SISTEM PENILAIAN KARAKTER BERDASARKAN KESANTUNAN BERBAHASA DI PERGURUAN TINGGI

Safinatul Hasanah Harahap

Abstract


Karakter merupakan sikap dan perilaku seseorang yang dapat diubah dan ditingkatkan. Hal tersebut dapat dilakukan melalui proses penilaian dengan sistem yang tepat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sistem penilaian karakter berdasarkan kesantunan berbahasa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian adalah Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik dokumentasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa nilai-nilai karakter yang dinilai dan diterapkan kepada setiap mahasiswa ada sepuluh, yaitu: etika berkomunikasi (sopan dan santun), kejujuran, tanggung jawab, kerja sama, ketangguhan, kepedulian, kedisiplinan, ketekunan, kemandirian, dan keberinisiatifan. Kesantunan termasuk dalam nilai etika berkomunikasi. Penilaian terhadap kesantunan berbahasa tidak memiliki indikator yang sama pada setiap dosen. Dari sudut pandang mahasiswa, diperoleh data bahwa mahasiswa yang mengungkapkan mendapat DPNA atau KHS yang berisi penilaian pembelajaran sebanyak 91,53%, tidak memperoleh lembaran khusus untuk menilai kesantunan sebanyak 71,19%, memperoleh penilaian sikap dalam bentuk angka 45,76%, memperoleh penilaian kesantunan dalam bentuk deskripsi sebanyak 44,07%, tidak pernah mendapat lembar isian yang berisi kesantunan berbahasa kurang lebih sebanyak 50%, pernah berdiskusi dengan dosen mengenai cara berbicara dengan orang lain dan menuliskan pesan di telepon genggam kurang lebih sebanyak 50%.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v7i4.11831

Article Metrics

Abstract view : 324 times
PDF - 774 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Safinatul Hasanah Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.