Pengaruh Strategi Amati Tiru Modifikasi (ATM) dengan Media Video Terhadap Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014

Annisa Tri Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi amati tiru modifikasi (ATM) dengan media video terhadap kemampuan membaca puisi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VII SMP Negeri 2 Medan yang berjumlah 170 orangdan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 64 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi dengan menggunakan teknik Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian Post-Test Only Control Group Design yang dilaksanakan pada pada dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah adalah tes unjuk kerja/tes perbuatan membaca puisi. Hasil rata-rata diperoleh pada kelas eksperimen menggunakan strategi amati tiru modifikasi (ATM) dengan media video adalah 83,03. Sedangkan pada kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran eskpositori adalah 63,50. Pembelajaran menggunakan strategi amati tiru modifikasi (ATM) dengan media video lebih berpengaruh terhadap kemampuan membaca puisi siswa daripada menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, hal tersebut terbukti dari uji t yaitu diperoleh  hitung> tabel (9,48>1,99).  Kata Kunci: pengaruh, strategi, amati tiru modifikasi (ATM), media video, membaca puisi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v3i1.1446

Article Metrics

Abstract view : 485 times
PDF - 530 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Annisa Tri Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.