PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP MENULIS PERSUASIFSISWAKELAS VIII SMPN 15 SUKABUMI

Anisa Firdaus, Hera Wahdah Humaira, Asep Firdaus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Sukabumi dengan menggunakan metode Brainstorming. Penerapan metode Braintorming dilakukan agar siswa berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran dengan mengumpulkan ide, pendapat atau gagasan siswa sebanyak mungkin tanpa dinilai benar atau salah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pra eksperimental dengan uji-t. Sampel berjumlah 38 siswa dengan desain penelitian one group pretest posttest design.Data yang diperoleh adalahnilai hasil pretest dan posttest melalui tes tulisan dan observasi. Juga dengan mencari nilai Ʃd dan Ʃd2. Nilai hasil pretest yang diperoleh siswa rata-rata 55,52% dapat dikatakan masih kurang. Namun setelah diberi treatment, yaitu metode Brainstorming nilai hasil posttest siswa rata-rata 87,23%. Mengalami peningkatan sebesar 31,71%. Berdasarkan uji statistik, nilai thitung sebesar 13,90 sedangkan nilai ttabel sebesar 2,042. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa thitung ˃ ttabel atau hipotesis diterima (H1), artinya metode Brainstorming berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Sukabumi tahun ajaran 2018/2019.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v8i2.14467

Article Metrics

Abstract view : 552 times
PDF - 1095 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Anisa Firdaus, Hera Wahdah Humaira, Asep Firdaus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.