EFEKTIVITAS MODEL NOVICK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ANGKASA LANUD SOEWONDO MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Bobby Tambunan, Salmah Naelofaria

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang keterampilan menulis teks drama dengan model Novick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Novick terhadap keterampilan menulis teks drama pada siswa kelas VIII SMP Swasta Angkasa Lanud Soewondo Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri atas 3 kelas yang berjumlah 61 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan one group pretest posttest design. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil pretest dengan rata-rata = 54,15 dan standar deviasi = 15,28. Sedangkan hasil posttest dengan rata-rata = 83,61 dan standar deviasi = 8,73. Dari uji data pretest  dan posttest diketahui bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Data pretest diperoleh Lhitung < Ltabel (0, 1889 < 0,190) dan data posttest diperoleh Lhitung < Ltabel (0, 1242 < 0,190). Sedangkan dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari kelompok yang homogen yaitu <  (1,75 < 2,12). Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diperoleh  = 7,47. Selanjutnya  Dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikan 5% dengan df = 19, maka diperoleh sebesar 2,09. Oleh karena  Yang diperoleh lebih besar dar  Yaitu 7,47 > 2,09, maka  Diterima.Hal ini membuktikan bahwa model Novick efektif digunakan terhadap keterampilan menulis teks drama pada siswa kelas VIII SMP Swasta Angkasa Lanud Soewondo Medan tahun pembelajaran 2018/2019.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v8i2.14470

Article Metrics

Abstract view : 301 times
PDF - 322 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bobby Tambunan, Salmah Naelofaria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.