Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Swasta PTPN IV Bp. Mandoge Kabupaten Asahan Tahun Pembelajaran 2013/2014

Desy Arisani Sitorus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Media Audiovisual terhadap kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Swasta PTPN IV BP. Mandoge Kabupaten Asahan  tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta PTPN IV BP. Mandoge Kabupaten Asahan  , yang berjumlah 153 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi dengan menggunakan teknik Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan pengukuran sesudah eksperimen disebut post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes essay menulis teks berita. Hasil rata- rata diperoleh setelah penerapan Media Audiovisual adalah 75,33. Sedangkan sebelum penerapan Media Audiovisual adalah 53. Penerapan Media Audiovisual berpengaruh terhadap kemampuan siswa menulis teks berita, hal tersebut terbukti setelah diperoleh perhitungan pada uji t yaitu diperoleh thitung>ttabel yaitu 4,614 > 2,018.Kata Kunci:  media audiovisual, kemampuan menulis, teks berita

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v3i3.1455

Article Metrics

Abstract view : 264 times
PDF - 148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Desy Arisani Sitorus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.