PENGGUNAAN PRINSIP KESOPANAN DIALOG TOKOH PADA FILM KARTINI DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN DRAMA DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk maksim kesopanan dialog tokoh pada Film Kartini karya Hanung Brahmantyo dan (2) kaitan prinsip kesopanan tokoh dalam Film Kartini karya Hanung Brahmantyo dengan pembelajaran drama kelas XI tingkat SMA. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan teknik catat sebagai teknik lanjutan. Metode analisis data menggunakan tenik pilih unsur penentu (PUP) dan teknik banding. Hasil penelitian ini terdiri atas (1) enam maksim prinsip kesopanan yaitu, a) maksim kebijaksanaan yaitu memaksimalkan keuntungan untuk oranglain, b) penerimaan, menerima perintah dan ujaran mitra tutur, c) kemurahan hati yaitu memaksimalkan kerugian untuk diri sendiri, d) kerendahan hati yaitu memaksimalkan kerugian untuk diri sendiri, e) kecocokan yaitu memaksimalkan kecocokan atau persetujuan, f) kesimpatian yaitu memaksimalkan kepedulian atau rasa simpati dan empati pada orang lain. Prinsip kesopanan juga ditinjau dari skala kesantunan menurut Leech.(2) pemenuhan enam maksim kesopanan dialog tokoh dalam Film Kartini karya Hanung Brahmantyo dikaitkan dengan pembelajaran drama kelas XI SMA pada kompetensi dasar (KD) 3.19 menganalisis isi kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton.
Kata Kunci : kesopanan, skala, pembelajaran, drama, film
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/bss.v8i3.15874
Article Metrics
Abstract view : 444 timesPDF - 976 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Cahyaratri Hari K, Pujiati Suyata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.