KARAKTER TOKOH FAHRI DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY: KAJIAN PSIKOLOGI INDIVIDUAL ALFRED ADLER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kepribadian tokoh utama yaitu Fahri dalam novel Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Psikologi individual Alfred Adler digunakan sebagai teori untuk menemukan bentuk kepribadian tokoh Fahri dalam novel Ayat-Ayat Cinta. Hasil penelitian menunjukkan adanya enam prinsip pada karakter tokoh Fahri yang berkaitan dengan psikologi individual Adler, diantaranya. Prinsip rendah diri, prinsip superior, prinsip gaya hidup, prinsip diri kreatif, prinsip tujuan semu, prinsip gaya hidup dan prinsip minat sosial. Perubahan psikologi yang terdapat pada tokoh utama Fahri sejak ia menjadi seorang mahasiswa sehingga menjadi orang yang sukses tidak hanya dalam bidang akademik melainkan dalam bidang bisnis yang ia jalankan. Proses yang ia lewati tidak mudah. Ketika merasa menjadi orang yang tidak percaya diri dengan keadaan yang ia rasakan karena tidak pantas menikahi Aisha seorang gadis dari keturunan terpandang. Rasa berkecamauk ketika ia harus menduakan Aisha dengan menikahi Maria. Perjuangannya menuju kesempurnaan dengan rintangan tidak sedikit mampu ia lalui dengan gaya hidup dan diri yang kreatif. Tingginya minat sosial yang dimiliki tokoh utama juga menjadi prinsip yang dominan dalam novel ini. Kepeduliannya terhadap orang-orang di sekitarnya, dengan rasa simpati dan empati yang begitu kuat di dalam dirinya ia mampu menyelamatkan tetangganya dan mewujudkan cita-citanya.
Kata kunci: karakter, tokoh utama, novel, psikologi, individual.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/bss.v8i3.15876
Article Metrics
Abstract view : 5507 timesPDF - 9390 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Aprizal Maulani, Rusdiawan Rusdiawan, Ida Bagus Kade Gunayasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.