EFEKTIVITAS MEDIA FILM STRIP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMKN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018 / 2019

Riahma Eka Putri Br Saragih, Atika Wasilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifa nmedia Film Strip dalam pembelajaran menulis teks biografi  siswa kelas X SMKN 2 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri atas 21 kelas yang berjumlah 745 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas X TG 1  berjumlah 34 dankelas X KB 1 yang berjumlah 36 siswa.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen.Desain penelitian yang digunakan Two Group Post-test only Control Group Design. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil poss-test(Kontrol) dengan rata-rata = 65,57 dan standar deviasi = 9,98. Sedangkan hasil posttest (Eksperimen) dengan rata-rata = 79,41 dan standar deviasi = 7,48.Dari uji data kelas control dan kelas eksperimen diketahui bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Data post-test (Kontrol)diperoleh Lhitung<Ltabel (0, 1116< 0,150) dan data post-test (Eksperimen)diperoleh Lhitung<Ltabel (0,1291< 0,151). Sedangkan dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari kelompok yang homogen yaitu <  (1,134<4,11). Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diperoleh  = 7.563. Selanjutnya  Dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1 = 35-1 = 34 diperoleh taraf signifikan 5%= 1,691.Oleh karena  Yang diperoleh lebih besar dar Yaitu 7,563>1,691, maka  Diterima.Hal ini membuktikan bahwa media Film Strip efektif digunakan terhadap kemapuan menulis teks biografi pada siswa kelas X SMKN 2  Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.

 

Kata Kunci :Media, Film Strip, Teks Biografi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v8i3.15879

Article Metrics

Abstract view : 306 times
PDF - 459 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Riahma Eka Putri Br Saragih, Atika Wasilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.