PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK MAJALAH ELEKTRONIK BERBANTUAN FLIP BOOK MAKER MATERI TEKS FABEL KELAS VII DI SMP NEGERI 37 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Ade Fitri Simamora, Rosmaini Rosmaini

Abstract


Penelitian ini bertolak dari masalah keterbatasan bahan ajar berupa buku paket bahasa Indonesia yang tidak dimiliki oleh semua siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan pengembangan bahan ajar yang menarik yang harus disusun sesuai Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar sehingga menghasilkan produk bahan ajar berbentuk majalah elektronik berbantuan flip book maker pada materi teks fabel kelas VII di SMP Negeri 37 Medan, (2)  mendeskripsikan kelayakan majalah elektronik sebagai bahan ajar materi teks fabel di kelas VII di SMP Negeri 37 Medan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, hasil produk. Adapun hasil penelitian ini ialah telah dihasilkan produk bahan ajar berbentuk majalah elektronik berbantuan flip book maker pada materi teks fabel kelas VII dengan persentasi kelayakan 76,19% dari ahli materi, 81,33% dari ahli desain, 76,25% berdasarkan respon guru, serta 72,41% berdasarkan respon siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan bahan ajar berbentuk majalah elektronik berbantuan flip book maker layak digunakan sebagai bahan ajar.

 

Kata Kunci : Majalah Elektronik, Flip Book Maker, Teks Fabel, Model Borg and Gall


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v8i3.15884

Article Metrics

Abstract view : 42 times
PDF - 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.