ANALISIS KELAYAKAN BUKU TEKS PINTAR BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP/MTS SEMESTER I
DOI:
https://doi.org/10.24114/bss.v9i1.17775Abstract
Tujuan penelitian analisis ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) sistematika penyajian buku teks Pintar Bahasa Indonesia kelas VII semester I; (2) keruntutan penyajian buku teks Pintar Bahasa Indonesia kelas VII semester I; (3) kelayakan isi buku teks Pintar Bahasa Indonesia kelas VII semester I; (4) kelayakan penyajian bahasa dalam buku teks Pintar Bahasa Indonesia kelas VII semester I. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten dengan sumber utama buku teks Pintar Bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs Semester I. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan validitas semantik dan reliabilitas interrater. Berdasarkan hasil analisis buku teks yang dilakukan disimpulkan bahwa: (1) sistematika penyajian buku masih terdapat kekurangan dalam sistematika penyusunan, (2) keruntutan penyajian buku teks layak dan memiliki hubungan yang logis, (3) kelayakan penyajian isi buku teks memuat materi yang sesuai dengan kompetensi dan perkembangan intelektual peserta didik, dan (4) kelayakan bahasa buku teks sesuai dengan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia. Kata Kunci: analisis konten, buku teks, bahasa IndonesiaDownloads
Published
2020-04-21
How to Cite
B.A.I, P. D. G. B. (2020). ANALISIS KELAYAKAN BUKU TEKS PINTAR BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP/MTS SEMESTER I. BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 9(1), 70–82. https://doi.org/10.24114/bss.v9i1.17775
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2020 Prameswari Dyah Gayatri B.A.I B.A.I

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.