EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY ) BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELASX MAN KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) Berbantuan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Menulis Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X MAN Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2019/2020.Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X MAN Kabanjahe berjumlah 239 siswa.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa yang diambil dengan teknik random sampling (acak kelas). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen quasi dengan desain two group post-test only control design. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya perbedaan hasil kemampuan menulis laporan hasil observasi. Tes pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 71,25, standar deviasi 11,1 dan standar error 1,88 sedangkan kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 80,13, standar deviasi 8,6 dan standar error 1,45. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 20,65, selanjutnya disesuaikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan dk = (36 + 36) 2 = 70 df = 1,66. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 20,65> 1,66 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbantuan media Flashcard lebih efektif digunakan terhadap kemampuan menulis laporan hasil observasi siswa kelas X MAN Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Kata kunci: Kemampuan Menulis, Laporan Hasil Observasi, SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy), Flashcard
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/bss.v9i1.17777
Article Metrics
Abstract view : 438 timesPDF - 390 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Misbah Fitrita Br Ginting, Rosmaini Rosmaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.