PEMBELAJARAN SASTRA: BERBAGAI KENDALA DALAM BERMAIN DRAMA BAGI MAHASISWA

Safinatul Hasanah Harahap, Dadang Sunendar, Sumiyadi Sumiyadi, Vismaia S. Damaianti

Abstract


Pembelajaran sastra dapat digunakan sebagai media dalam membentuk pola pikir dan karakter mahasiswa. Drama merupakan jenis dari sastra yang dipelajari sebagai bagian dari materi sastra. Memerankan tokoh dalam drama memiliki kesulitan yang berbeda pada setiap pemain. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan berbagai kendala yang dialami pemeran tokoh dalam drama saat melakukan pertunjukan drama dari sudut pandang mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dari wawancara yang dilakukan pada 61 mahasiswa yang mengampu mata kuliah dengan materi bermain drama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala bermain drama berasal dari faktor internal (rasa percaya diri, konsentrasi, dan motivasi) dan faktor eksternal (penemuan karakter tokoh drama, pelaksanaan proses latihan, dan penerapan kerja sama tim).

Kata kunci: pembelajaran sastra, drama, bermain drama


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v9i1.19103

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.