EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 NAINGGOLAN

Mariana Siringoringo Siringoringo, Inayah Hanum

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Nainggolan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan didapat kelas VII-1(kelas eksperimen) dan kelas VII-3 (kelas kontrol) sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah kelas masing-masing 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group post test design. Data yang diperoleh menunjukkan hasil belajar menulis teks deskripsi saat menggunakan model pembelajaran Konvensional (kelas kontrol) sebanyak 65,2 berada pada kategori cukup dan saat menggunakan model pembelajaran Learning Cycle (kelas eksperimen) sebanyak 77,18 berada pada kategori baik. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji “t” diperoleh nilai t0 =3,576. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05 dengan df = N-1. df = 32-1 = 31, maka diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,03. Nilai t0>ttabel atau 3,576>2,03. Sehingga, hipotesis nihil (Ho) ditolak  dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan model pembelajaran Learning Cyle efektif digunakan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Nainggolan tahun pembelajaran 2019/2020.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v9i2.19688

Article Metrics

Abstract view : 401 times
PDF - 396 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mariana Siringoringo Siringoringo, Inayah Hanum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.