EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KINEMASTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 05 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Eka Indriani, Tangson R. Pangaribuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Kinemaster Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIISMP Swasta Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 128 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-A yang berjumlah 32 siswa dan kelas VII-B  yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah two group post test design. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh hasil belajar siswa dalam membuat teks prosedur pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 70, sedangkanteks prosedur pada kelas eksperimen adalah 82.Dari uji data yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, diketahui bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Dari data pada kelas kontrol diperoleh Lhitung< Ltabel  (0.15625< 0.158), dan pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung< Ltabel(0.115428013< 0.158). Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari kelompok yang homogen yaitu Fhitung < Ftabel (0.9 < 1.82). Selanjutnya t0 dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan dk=70, maka diperoleh 1.57. Oleh karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 150>1.57, maka Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa media Kinemaster efektif terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIISMP Swasta Muhammadiyah 05 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v9i2.19690

Article Metrics

Abstract view : 395 times
PDF - 2141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Eka Indriani, Tangson R. Pangaribuan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.