EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ULEAD VIDEO STUDIO DALAM MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PEMATANG SIANTAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektivan media pembelajaran Ulead Video Studio dalam mengidentifikasi informasti teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pematang Siantar.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 8 kelas yang berjumlah 210 siswa.Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-7 yang berjumlah 25 siswa dan kelas VIII-4 yang berjumlah 25 siswa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen.Desain penelitian yang digunakan ialan two group posttest design. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil posttest kelas kontrol dengan rata-rata = 74,6 dan standar deviasi = 7,95. Sedangkan hasil posttest kelas eksperimen dengan rata-rata = 91,2 dan standar deviasi = 11,7. Dari uji data posttest kelas kontrol dan posttest kelas eksperimen diketahui bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Data posttest kelas kontrol diperoleh Lhitung< Ltabel (0.0043< 0.173) dan data posttest kelas eksperimen diperoleh Lhitung< Ltabel (0,1092< 0,173). Sedangkan dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari kelompok homogen yaitu < 1,47< 1,96. setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diperoleh = 6.62. Selanjutnya dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf 5% dengan df= 24, maka diperoleh sebesar 2.06. Oleh karena itu yang diperoleh lebih besar dari yaitu 6.62>2.06, maka diterima.Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran Ulead Video Studio efektif digunakan terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pematang Siantar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/bss.v9i2.19694
Article Metrics
Abstract view : 229 timesPDF - 306 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Emi Fitry Yani Sembiring, Diah Eka Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.